MENGUKIR PRESTASI DENGAN AL QUR'AN

Beranda
Berita Sekolah
MENGUKIR PRESTASI DENGAN AL QUR'AN

MENGUKIR PRESTASI DENGAN AL QUR'AN

Munaqosyah Perdana yang Membanggakan

Sebuah prestasi membanggakan telah ditorehkan oleh SD Islam Sari Bumi, khususnya dalam bidang pengajaran Al-Qur’an. Prestasi tersebut diraih oleh lembagai ini setelah melalui ujian dari Tim UMMI Foundation Sidoarjo pada hari Sabtu (21/3) kemarin. Sebagaimana diketahui, UMMI Foundation mewajibkan bagi tiap lembaga pengguna Metode UMMI untuk mengujikan santri-santrinya ketika sudah menyelesaikan tahapan pembelajaran Al-Qur’an. Ujian tersebut dikenal dengan sebutan Munaqosyah Metode UMMI. 

Dalam Munaqosyah tersebut, 35 santri SD Islam Sari Bumi yang diujikan berhasil lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Menurut Ustadz Mustaqim, Munaqisy (penguji) bidang Fashohah, semua santri yang diujikan lulus dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 75. Mayoritas para santri mendapat nilai sekitar 86 hingga 89.

“ Ini menjadi sebuah rekor terbaik di Sidoarjo. Apalagi lembaga ini baru mengadakan Munaqosyah pertama kali ”, jelasnya lebih lanjut.

Sementara Ustadz Dakhoir, Munaqisy bidang Tartil, mengapresiasi para pengajar Al-Qur’an di SD Islam Sari Bumi karena berhasil mengujikan santri-santrinya tanpa ada yang her dalam bidang Tartil. Padahal, menurut beliau, bidang ini biasanya menjadi ganjalan dalam setiap munaqosyah. “Alhamdulillah di lembaga ini semuanya bisa lulus. Bahkan ada 6 santri yang mendapat nilai sempurna (10), tanpa kesalahan sama sekali,” tegasnya di hadapan para pengajar SD Islam Sari Bumi.

Bidang Ghorib pun tidak ketinggalan mendapat sanjungan dari Munaqis-nya, Ustadz Salafuddin. Menurut Beliau, 20-an santri peserta Munaqosyah mendapat nilai sempurna. Hanya 1 santri yang mendapat nilai 85, sementara yang lain rata-rata mendapat nilai 90-an. Ustadz yang menjadi Koordinator UMMI di sekolah dasar swasta terkemuka di Sidoarjo ini berharap agar prestasi ini tetap dipertahankan.

Sementara bidang Hafalan, Surat An-Naas hingga Al-A’la, nilai 8 didapat oleh sebagian peserta. Namun sebagian besar mereka mendapat nilai 9 dan 10, jelas Munaqisy bidang Hafalan, Ustadz Muslim. Hanya saja 1 peserta harus her karena nilainya kurang mencukupi. Menurut pengamatannya, ada beberapa anak lupa nama surat, kurang pas pengucapan huruf dzal (ذ) dan kurang menguasai waqof-ibtida’nya. Menurut beliau, evaluasi tersebut harus segera dibenahi untuk memperbaiki kualitas hafalan mereka yang ditarget 4 juz.    

Satu-satunya bidang yang mengharuskan 10 peserta ikut her adalah bidang Tajwid. Menurut Munaqisy-nya, Ustadz Arif, banyak peserta yang nilainya jatuh ketika menjelaskan teori hukum-hukum tajwid. Sementara mereka lancar ketika menguraikan tajwidnya dalam sebuah ayat Al-Qur’an. Ini menunjukkan bahwa mereka sebenarnya sudah paham teori ilmu Tajwid tetapi kurang membaca dan menguasai buku Tajwid, sehingga kesulitan ketika diminta menjelaskan sebuah hukum tajwid, urainya lebih lanjut. Di samping itu, menurutnya, beberapa peserta kurang mengusai hukum ro’ (ر ), tidak hafal huruf-huruf idzhar qomariyah dan Idzghom syamsiah. Beliau menyarankan agar dalam pengajarannya menggunakan cantolan pengingat agar santri mudah mengingat dan menghafal materi-materi tajwid.

Dalam uraian penutupnya, Ustadz Mustaqim memberi penekanan agar pengajaran Tajwid lebih dioptimalkan. Menurut beliau, sebenarnya teori tajwid lebih mudah daripada menguraikan hukum-hukum tajwid dalam sebuah ayat. Justru yang banyak terjadi di lembaga-lembaga lain adalah kesulitan menguraikan daripada menjelaskan teorinya. Ini menjadi kebalikannya dari lembaga-lembaga lainnya. Meskipun begitu beliau berharap agar 2 pekan atau maksimal satu bulan segera diujikan kembali anak-anak yang her tajwid tersebut. (MI) 

5 Komentar

  • Siti Nurhabibah 26 Jan 2016

    Alhamdulillah,,, semoga LPI Sari Bumi terus berkembang lebih baik dan maju sehingga mampu mencetak siswa siswi yang membanggakan oramg tua dan lembaga pendidikannya...

  • M sbq 05 Nop 2015

    Alhamdulilah ...smg barokah dan ridho ALLOH tak terabaikan.

  • ratih ayuningtyas 06 Agst 2015

    Alhamdulillah, sukses untuk semua santri dan para ustadz dan ustadzah

  • Ahmad 31 Mar 2015

    Baarokallahufiq sukses mudah mudah terus Istiqomah
    Dan untuk santri santri terus belajar terus pelajari Kitabullah
    Karena didalamnya sumber jalan hidup / pedoman hidup seorang muslim sukses para santri santri semua.

    LPI Sari Bumi Sidoarjo 06 Mei 2015

    Allahu Yubarik, jazakallah atas do'a dan harapannya, Insyaa Allah semoga dengan kerjasama yang kuat, harapan dan cita-cita kita semua dapat tercapai... Amin

  • Rustan Pajjampa Al Bugisy 30 Mar 2015

    Alhamdulillah, semoga Allah Ta'ala Merahmati seluruh santri putra dan putri SD Islam Sari Bumi atas ketekunannya berlatih, para ustadz dan ustadzah atas kesabarannya membimbing para santri, orang tua / wali santri atas do'a-do'anya yang tidak pernah putus untuk sukses ananda... selangkah lagi perjuangan kita... SUKSESKAN IMTIHAN DAN KHOTAMAN TGL 25 APRIL 2015... ALLAHU AKBAR !!!

Tinggalkan Komentar Disini


Copyright 2015-2024 © LPI Sari Bumi Sidoarjo. Developed by AZATEAM